Rabu, 26 November 2014

PERANGKAT PEMBELAJARAN BHS INDONESIA KELAS V MI







RANCANGAN PEKAN EFEKTIF
MI MA’ARIF PATIHAN WETAN 2014/2015

Mata Pelajaran          : BAHASA INDONESIA
Kelas                                  : V (LIMA)

I.        SEMESTER I
A.  Pekan tiap bulan                          B. Pekan Tidak Efektif      
No
Bulan
Pekan

No
Kegiatan
Pekan
1
2
3
4
5
6
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
4
5
4
5

1
2
3
4
5
6
7
MOS
Libur hari raya
MID Semester
Ulangan Semester I
Koreksi/ Penulisan raport
Libur Smtr.
Cadangan
1
2
1
1
1
2
2

Jumlah
25


Jumlah
10

Keterangan :
-        Pekan Efektif                              : 2510 = 15
-        Jam pelajaran setiap minggu        : 6 JP
-        Jumlah jam efektif                       : 15 x 6 = 90

II.  SEMESTER II
A.   Pekan tiap bulan                         B. Pekan Tidak Efektif      
No
Bulan
Pekan

No
Kegiatan
Pekan
1
2
3
4
5
6
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
4
4
4
4
5
4

1
2
3
4
5
7
8
MID Semester
Semester
Koreksi/ Penulisan raport
Libur Smtr.
UAMBN
UAM
Cadangan
1
1
2
2
1
2
2

Jumlah
25


Jumlah
11

Keterangan :
-        Pekan Efektif                              : 25 – 11 = 14
-        Jam pelajaran setiap minggu        : 6 JP
-        Jumlah jam efektif                       : 14 x 6 = 84


      Mengetahui                                                   Ponorogo, 10 Juli 2014
 Kepala MI Ma’arif Patihan Wetan                                Guru kelas/mapel Bahasa Indonesia,



Drs. SADIKIN                                                            IKHWANUL FATAH,S.Ag


PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran             : BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan       : MI Ma’arif Patihan Wetan
Kelas                            : V
Tahun Pelajaran           : 2014 / 2015

SEMESTER I
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Waktu
Mendengarkan

1.   Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan



1.1. Menanggapi penjelasan narasumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan,dll) dengan memperhatikan santun berbahasa

1.2. Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya


   8 JP   



8 JP       
Berbicara

2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan atau berwawancara



2.1.     Menanggapi suatu persoalan /peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa

2.2.   Menceritakan hasil pengamatan / kunjungan dengan bahasa runtut, baik dan benar

2.3. Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani,pedagang,nelayan, karyawan dll ) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa


8 JP



8  JP


   8 JP   
Membaca

3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit dan membaca puisi



3.1.  Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat

3.2. Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit

3.3. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat


8 JP


8 JP


10 JP

Menulis

4. Mengungkapkan pikiran, perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis



4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan

4.2. Menulis surat undangan  (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan

4.3. Menulis dialog sederhana dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya



8 JP



8 JP


8 JP


JUMLAH
90 JP

      Mengetahui                                                   Ponorogo, 10 Juli 2014
 Kepala MI Ma’arif Patihan Wetan                                Guru kelas/mapel Bahasa Indonesia,



Drs. SADIKIN                                                            IKHWANUL FATAH,S.Ag
SEMESTER 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Waktu
Mendengarkan

5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan



5.1. Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi disekitar yang disampaikan secara lisan

5.2.Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema,latar,amanat)
8 JP


6 JP
Berbicara

6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama



6.1. Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa

6.2. Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat



8 JP



10 JP

Membaca

7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai dan membaca cerita anak



7.1. Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas

7.2. Menemukan informasi secara tepat dari berbagai tek khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan,daftar susunan acara, daftar menu dll) yang dilakukan melalui membaca memindai

7.3. Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat




8 JP


8 JP




8 JP

Menulis

8. Mengungkapkan pikiran, perasaan,informasi dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan,  laporan dan puisi bebas.



8.1. Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan

8.2. Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal,perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan

8.3. Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat



10 JP


10 JP



8 JP


JUMLAH
84 JP


      Mengetahui                                                   Ponorogo, 10 Juli 2014
 Kepala MI Ma’arif Patihan Wetan                                Guru kelas/mapel Bahasa Indonesia,



Drs. SADIKIN                                                            IKHWANUL FATAH,S.Ag








KKM B. INDONESIA

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM)








Mata Pelajaran                                        : BAHASA INDONESIA


Kelas/Smt                                     : V / II / 2013-2014


Jumlah KD                    :              10










STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Kompleksitas siswa Sumber Daya dukung Intake Ketuntasan KD ( % )
Guru Sarpras (Potensi siswa)
40 - 100 40 - 100 40 - 100 40 – 100
MENDENGARKAN  5.1. Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi disekitar yang disampaikan secara lisan 65 75 70 65 68,75
5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan 5.2.Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema,latar,amanat) 70 75 70 75 72,50
BERBICARA  6.1. Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa 65 75 70 65 68,75
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama 6.2. Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat 70 75 70 65 70
MEMBACA  7.1. Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas 70 70 70 60 67,50
7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai dan membaca cerita anak 7.2. Menemukan informasi secara tepat dari berbagai tek khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan,daftar susunan acara, daftar menu dll) yang dilakukan melalui membaca memindai 65 75 70 70 70
  7.3. Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat 70 75 75 65 71,25
MENULIS  8.1. Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan 65 75 75 65 70
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan,informasi dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan,  laporan dan puisi bebas. 8.2. Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal,perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan 70 70 70 75 71,25
  8.3. Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat 70 75 70 65 70,00
JUMLAH KKM SEMESTER I 70,00








jadi KKM untuk Bahasa Indonesia kelas V tahun 2012/2013





70,00 x 70,00 : 2    = 70




Mengetahui
Ponorogo, 10 Juli 2013
Kepala MI Ma'arif
Guru Mapel Bahasa Indonesia
Patihan Wetan


























Drs. SADIKIN
IKHWANUL FATAH, S.Ag     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar