Rabu, 26 Februari 2014

Kurikulum Mapel Bahasa Arab


Arah Pengembangan
Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar menjadi arah dan landasan untuk  mengembangkan materi pokok , kegiatan pembelajaran , dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.


E.          Mata Pelajaran Bahasa Arab
Kelas I Semester 1
Standart Kompetensi
Kompetensi dasar
1.          Peserta didik mampu membaca dan mema- hami sistem bunyi dan makna kata, mampu mengucapkan, membaca dengan nyaring dan menulis kata – kata, frase serta memahami makna tekstual yang sederhana yang terdapat di dalam teks yang disertai gambar.
1.1.      Menyimak, bercakap, membaca dan menulis dalam bahasa arab dengan  dengan pola kalimat yang meliputi ( benda – benda di dalam kelas dan anggota tubuh kita ).


             

Kelas I Semester 2
Standart Kompetensi
Kompetensi dasar
2.    Peserta didik mampu membaca dan memahami sistem bunyi dan makna kata, mampu mengucapkan, membaca dengan nyaring dan menulis kata – kata, frase serta memahami makna tekstual yang sederhana yang terdapat di dalam teks yang disertai gambar
2.1.      Menyimak, bercakap, membaca dan menulis dalam bahasa arab dengan  dengan pola kalimat yang meliputi ( benda – benda di rumah , Adad mulai 1 sampai 10 ).


             

Kelas II, Semester 1
Standart Kompetensi
Kompetensi dasar
1.          Menyimak
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialog Taqdimul Usroti(تقد يم الاسر ة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق),Asshualu ‘an syaiin(السؤال عن شىء) ,Fil Fashli(فى الفصل).

1.1.       Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang Taqdimul Usroti(تقد يم الاسرة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق),Asshualu ‘an syaiin(السؤال عن شىء),Fil Fashli(فى الفصل).
1.2.        Menemukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang Taqdimul Usroti(تقد يم الاسرة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق),Asshualu ‘an syaiin( (السؤال عن شىء,Fil Fashli(فى الفصل).

2.          Berbicara
2.      Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialog tentang Taqdimul Usroti(تقد يم الاسرة),Usrotus shodiqi(اسرةالصيق),Asshualu ‘an syaiin(السؤال عن شىء) ,Fil Fashli(فى الفصل).

2.1         Melakukan dialog sederhana tentang Taqdimul Usroti(تقد يم الاسرة ),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق),Asshualu ‘an syaiin(السؤال عن شىء),Fil Fashli(فى الفصل).

2.2        Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentangTaqdimul Usroti(تقد يم الاسر ة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق),Asshualu ‘an syaiin(السؤال عن شىء),Fil Fashli(فى الفصل).

3.          Membaca
3.      Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang Taqdimul Usroti (تقد يم الاسر ة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق), Asshualu ‘an syaiin (السؤال عن شىء) ,Fil Fashli(فى الفصل).


3.1.      Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang Taqdimul Usroti (تقد يم الاسر ة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق), Asshualu ‘an syaiin (السؤال عن شىء) ,Fil Fashli(فى الفصل).
3.2.      Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang Taqdimul Usroti (تقد يم الاسر ة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق), Asshualu ‘an syaiin (السؤال عن شىء) ,Fil Fashli(فى الفصل).
4.          Menulis
4.       Menuliskan kata, ung- kapan, dan teks fung- sional pendek  seder hana tentang Taqdimul Usroti (تقد يم الاسر ة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق), Asshualu ‘an syaiin (السؤال عن شىء),Fil Fashli (فى الفصل).

4.1         Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang Taqdimul Usroti (تقد يم الاسر ة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق), Asshualu ‘an syaiin (السؤال عن شىء) ,
Fil Fashli(فى الفصل).



Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi Dhomir muttasshil mufrot mutakallim(ضمير متصل مفرد متكلم), Dhomir muttasshil mufrot Mukhotob   (ضمير متصل مفرد محاطب),Kata tanya ma/maan dhomir isim(من/ما)


Kelas II ,Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR

5. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mende -ngarkan dalam  bentuk paparan atau dialog  tentang Hadikhotul bait (حديقة البيت),Gurfatul julus  (غرفةالجوس),Fis Shof  (فى الصف),Muroja’ah(مر جعة
5.1.       Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang  Hadikhotul bait (حديقة البيت),Gurfatul julus  (غرفةالجوس),Fis Shof  (فى الصف),Muroja’ah(مر جعة)
5.2.       Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang Hadikhotul bait  (حديقة البيت),Gurfatul julus  (غرفةالجوس),Fis Shof    (فى الصف),Muroja’ah  ((مر جعة


6.      Berbicara
Mengungkapkan info- rmasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialog  tentang tentang tentang  Hadikhotul bait  (حديقة البيت), Gurfatul julus  (غرفةالجوس), Fis Shof    (فى الصف), Muroja’ah  ((مرا جعة

6.1   Melakukan dialog sederhana tentangtentang  Hadikhotul bait  (حديقة البيت),Gurfatul julus  (غرفةالجوس),Fis Shof    (فى الصف), Muroja’ah  ((مرا جعة
6.2  Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentangtentang  Hadikhotul bait  (حديقة البيت),Gurfatul julus  (غرفةالجوس),Fis Shof    (فى الصف),Muroja’ah  ((مرا جعة



7.      Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang tentang Hadikhotul bait  (حديقة البيت),Gurfatul julus  (غرفةالجوس),Fis Shof    (فى الصف),Muroja’ah  ((مرا جعة


7.1             Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentangtentang Hadikhotul bait  (حديقة البيت),Gurfatul julus  (غرفةالجوس),Fis Shof    (فى الصف),Muroja’ah  ((مرا جعة
7.2      Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentangtentang Hadikhotul bait  (حديقة البيت),Gurfatul julus  (غرفةالجوس),Fis Shof    (فى الصف),Muroja’ah  ((مرا جعة


8. Menulis
Menuliskan kata, ung- kapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang tentang tentang Hadikhotul bait  (حديقة البيت),Gurfatul julus  (غرفةالجوس),Fis Shof    (فى الصف),Muroja’ah  ((مرا جعة

8.1    Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang tentang  Hadikhotul bait  (حديقة البيت),Gurfatul julus  (غرفةالجوس), Fis Shof    (فى الصف),Muroja’ah  ((مرا جعة

Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi Al+isim + isim-Hal+haadza haadzihi+isim+isim- Adawatul jair – Muroja’ah(ال+ اسم + اسم _هل + هدا\هده + اسم + اسم – ادوتل جير- مراجعة)


Kelas III, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan men- dengarkan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
1.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, kalimat ) tentang
Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
1.2
Memahami makna kata informasi tentang
Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
2.1
Melakukan dialog sederhana tentang
Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
2.2
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang
Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
3.1
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
3.2
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
4.1 
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang
Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi adawatul jair(Fauqo,tahta),Fi’il Amr,Al ’adad,Alamat rumah (Jl.,Nomor )



KELAS III SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
5. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan men- dengarkan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
5.1
Mengidentifikasibunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
5.2
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
6.1
Melakukan dialog sederhana tentang
Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
6.2
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang
Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
7. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
7.1
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
7.2
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()

8.1 

Menyusun kata menjadi kalimat sempurna,  membuat karangan sederhana tentang
Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi Khobar dan Mubtada’,Khobar muqoddam (”inda,ma’a,-Khobar ,Mubtada’ dan Na’at-خبر + مبتدا + خبر مقدم (عند\مع-خبر- مبتدا +نعت )



Kelas IV, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang Al aalamu(الالام),’iyadatul maridh (عيادة المريض), kam saa’ah (كم السا عة)
1.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang  Al aalamu(الالام ),’iyadatul maridh (عيادة المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
1.2
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang Al aalamu(الالام ),’iyadatul maridh (عيادة المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang Al aalamu(الالام ),’iyadatul maridh (عيادة المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
2.1
Melakukan dialog sederhana tentangAl aalamu(الالام ),’iyadatul maridh (عيادة المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
2.2
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentangAl aalamu(الالام ),’iyadatul maridh (عيادة المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang tentang Al aalamu(الالام ),’iyadatul maridh (عيادة المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
3.1
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang  al aalamu(الالام ),’iyadatul maridh (عيادة المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
3.2
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
Al aalamu,’iyadatul maridh, kam saa’ah Al aalamu(الالام ),’iyadatul maridh (عيادة المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang tentang Al aalamu(الالام ),’iyadatul maridh (عيادة المريض), kam saa’ah(كم السا عة)kam saa’ah
4.1 
Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
Al aalamu(الالام ),’iyadatul maridh (عيادة المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi,Khobar muqoddam – Mubtada’ khobar dan na’at-’adadul saa’ah ( wa dan illaالعددالسعة (مبتدا خبر+ نعت--خبر مقدم



Kelas IV, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
5. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang Attakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل), Muroja’ah
5.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang Attakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
5.2
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang Attakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang Attakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
6.1
Melakukan dialog sederhana tentangAttakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
6.2
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentangAttakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
7. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang  Attakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
7.1
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentangAttakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
7.2
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
Attakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang  Attakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
8.1 
Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
Attakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi, Anta+fi’il Mudhori’ , Anti, ana, huwa,hiya, nahnu(انت + فعل مضلرع- انت – انا- هو- هي- نحن)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar