Arah Pengembangan
Standart Kompetensi dan
Kompetensi Dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok , kegiatan
pembelajaran , dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
E.
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Kelas I Semester 1
Standart Kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
1.
Peserta didik mampu membaca dan mema- hami sistem bunyi dan makna kata, mampu mengucapkan,
membaca dengan nyaring dan menulis kata – kata, frase serta memahami makna
tekstual yang sederhana yang terdapat di dalam teks yang disertai gambar.
|
1.1.
Menyimak, bercakap, membaca dan menulis dalam bahasa arab dengan dengan pola kalimat yang meliputi ( benda – benda di dalam kelas dan anggota tubuh kita ).
|
Kelas I Semester 2
Standart Kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
2.
Peserta didik mampu membaca dan memahami sistem bunyi dan makna kata, mampu
mengucapkan, membaca dengan nyaring dan menulis kata – kata, frase serta memahami
makna tekstual yang sederhana yang terdapat di dalam teks yang disertai
gambar
|
2.1.
Menyimak, bercakap, membaca dan menulis dalam bahasa arab dengan dengan pola kalimat yang meliputi ( benda – benda di rumah , Adad mulai 1 sampai 10 ).
|
Kelas II, Semester 1
Standart Kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
1.
Menyimak
1. Memahami informasi lisan melalui kegiatan
mendengarkan dalam bentuk paparan atau
dialog Taqdimul Usroti(تقد
يم الاسر ة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق),Asshualu ‘an syaiin(السؤال
عن شىء) ,Fil Fashli(فى الفصل).
|
1.1.
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan
ujaran ( kata, kalimat ) tentang Taqdimul Usroti(تقد
يم الاسرة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق),Asshualu
‘an syaiin(السؤال عن شىء),Fil Fashli(فى الفصل).
1.2.
Menemukan
makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang Taqdimul Usroti(تقد
يم الاسرة),Usrotus shodiqi(اسرة
الصيق),Asshualu ‘an syaiin( (السؤال
عن شىء,Fil Fashli(فى
الفصل).
|
2.
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan
dalam bentuk paparan atau dialog
tentang Taqdimul Usroti(تقد
يم الاسرة),Usrotus shodiqi(اسرةالصيق),Asshualu ‘an syaiin(السؤال
عن شىء) ,Fil
Fashli(فى الفصل).
|
2.1
Melakukan dialog sederhana tentang Taqdimul
Usroti(تقد
يم الاسرة ),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق),Asshualu ‘an syaiin(السؤال
عن شىء),Fil
Fashli(فى الفصل).
2.2
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentangTaqdimul Usroti(تقد يم الاسر ة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق),Asshualu ‘an syaiin(السؤال عن
شىء),Fil
Fashli(فى الفصل).
|
3.
Membaca
3.
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan
atau dialog tentang Taqdimul Usroti (تقد يم الاسر ة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق), Asshualu ‘an
syaiin (السؤال عن شىء) ,Fil Fashli(فى
الفصل).
|
3.1.
Melafalkan huruf hijaiyah, kata,
kalimat dan wacana tertulis tentang Taqdimul Usroti (تقد
يم الاسر ة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق),
Asshualu ‘an syaiin (السؤال عن شىء) ,Fil Fashli(فى
الفصل).
3.2.
Menemukan
makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang Taqdimul Usroti (تقد يم الاسر ة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق), Asshualu ‘an
syaiin (السؤال عن شىء) ,Fil Fashli(فى
الفصل).
|
4.
Menulis
4.
Menuliskan kata, ung- kapan, dan teks fung-
sional pendek seder hana tentang Taqdimul
Usroti (تقد يم الاسر ة),Usrotus shodiqi(اسرة
الصيق), Asshualu ‘an syaiin (السؤال
عن شىء),Fil Fashli (فى
الفصل).
|
4.1
Menyalin
kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang Taqdimul
Usroti (تقد
يم الاسر ة),Usrotus shodiqi(اسرة الصيق), Asshualu ‘an syaiin (السؤال عن شىء) ,
Fil Fashli(فى الفصل).
|
Tema-tema tersebut menggunakan pola
kalimat yang meliputi Dhomir muttasshil mufrot mutakallim(ضمير متصل مفرد متكلم),
Dhomir muttasshil mufrot Mukhotob (ضمير متصل مفرد محاطب),Kata
tanya ma/maan dhomir isim(من/ما)
|
Kelas II ,Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
5.
Menyimak
Memahami informasi lisan melalui
kegiatan mende -ngarkan dalam bentuk
paparan atau dialog tentang Hadikhotul bait (حديقة البيت),Gurfatul julus (غرفةالجوس),Fis Shof (فى الصف),Muroja’ah(مر جعة
|
5.1. Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah
dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang Hadikhotul bait (حديقة البيت),Gurfatul julus (غرفةالجوس),Fis Shof (فى الصف),Muroja’ah(مر جعة)
5.2. Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan
sederhana tentang Hadikhotul bait (حديقة البيت),Gurfatul
julus (غرفةالجوس),Fis Shof (فى الصف),Muroja’ah ((مر جعة
|
|
6.
Berbicara
Mengungkapkan
info- rmasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialog tentang tentang tentang Hadikhotul
bait (حديقة البيت),
Gurfatul julus (غرفةالجوس), Fis Shof (فى الصف),
Muroja’ah ((مرا جعة
|
6.1 Melakukan dialog sederhana tentangtentang Hadikhotul
bait (حديقة البيت),Gurfatul
julus (غرفةالجوس),Fis
Shof (فى الصف),
Muroja’ah ((مرا جعة
6.2 Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentangtentang Hadikhotul
bait (حديقة البيت),Gurfatul
julus (غرفةالجوس),Fis
Shof (فى الصف),Muroja’ah ((مرا جعة
|
|
7. Membaca
Memahami wacana
tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang tentang Hadikhotul bait (حديقة البيت),Gurfatul
julus (غرفةالجوس),Fis Shof (فى الصف),Muroja’ah ((مرا جعة
|
7.1
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentangtentang Hadikhotul bait (حديقة البيت),Gurfatul
julus (غرفةالجوس),Fis Shof (فى الصف),Muroja’ah ((مرا جعة
7.2 Menemukan makna, gagasan atau ide
wacana tertulis tentangtentang Hadikhotul
bait (حديقة البيت),Gurfatul
julus (غرفةالجوس),Fis Shof (فى الصف),Muroja’ah ((مرا جعة
|
|
8. Menulis
Menuliskan kata, ung- kapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang tentang tentang Hadikhotul bait (حديقة البيت),Gurfatul
julus (غرفةالجوس),Fis Shof (فى الصف),Muroja’ah ((مرا جعة
|
8.1 Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata
menjadi kalimat sempurna tentang tentang
Hadikhotul bait (حديقة البيت),Gurfatul
julus (غرفةالجوس), Fis Shof (فى الصف),Muroja’ah ((مرا جعة
|
|
Tema-tema
tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi Al+isim + isim-Hal+haadza
haadzihi+isim+isim- Adawatul jair – Muroja’ah(ال+ اسم + اسم _هل + هدا\هده + اسم + اسم – ادوتل
جير- مراجعة)
|
Kelas III, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui
kegiatan men- dengarkan dalam bentuk
paparan atau dialoq tentang Maktabatul
dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al
arqom
(الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
|
1.1
|
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah
dan ujaran (kata, kalimat ) tentang
Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
|
1.2
|
Memahami makna kata informasi tentang
Maktabatul
dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al
arqom
(الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
|
|
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang Maktabatul
dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al
arqom
(الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
|
2.1
|
Melakukan dialog sederhana tentang
Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
|
2.2
|
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat
sederhana tentang
Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
|
|
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog
tentang Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
|
3.1
|
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana
tertulis tentang
Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
|
3.2
|
Menemukan makna, gagasan atau ide
wacana tertulis tentang
Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
|
|
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang Maktabatul
dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al
arqom
(الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
|
4.1
|
Menyalin kata, kalimat dan menyusun
kata menjadi kalimat sempurna tentang
Maktabatul dirosiyah(المكب الدراسية),Ath-tholab(اطلب),al arqom (الارقام),al ‘unwaanu (العنوان)
|
Tema-tema
tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi adawatul
jair(Fauqo,tahta),Fi’il Amr,Al ’adad,Alamat rumah (Jl.,Nomor )
|
KELAS III SEMESTER
2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
5. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan men- dengarkan
dalam bentuk paparan atau dialoq tentang Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil
Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
|
5.1
|
Mengidentifikasibunyi huruf
hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil
Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
|
5.2
|
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana
tentang
Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi
Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة),
Muroja’ah ()
|
|
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil
Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
|
6.1
|
Melakukan dialog sederhana tentang
Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi
Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة),
Muroja’ah ()
|
6.2
|
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat
sederhana tentang
Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi
Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة),
Muroja’ah ()
|
|
7. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang Hadiqotul
madinah (حديقة
المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil
Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
|
7.1
|
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana
tertulis tentang
Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi
Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة),
Muroja’ah ()
|
7.2
|
Menemukan makna, gagasan atau ide
wacana tertulis tentang
Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi
Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة),
Muroja’ah ()
|
|
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil
Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة), Muroja’ah ()
|
8.1
|
Menyusun kata menjadi kalimat sempurna, membuat karangan sederhana tentang
Hadiqotul madinah (حديقة المدينة),Fi
Maktabati Tijariyah (فى المكتبةتجارية),Fil Ghurfatil Mudzakaroti (فى الغرفةالمدالمذكرة),
Muroja’ah ()
|
Tema-tema tersebut menggunakan pola
kalimat yang meliputi Khobar dan Mubtada’,Khobar muqoddam (”inda,ma’a,-Khobar
,Mubtada’ dan Na’at-خبر + مبتدا + خبر مقدم (عند\مع-خبر- مبتدا +نعت )
|
Kelas IV, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang Al aalamu(الالام),’iyadatul maridh (عيادة
المريض), kam saa’ah (كم السا عة)
|
1.1
|
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat
) tentang Al aalamu(الالام ),’iyadatul
maridh (عيادة المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
|
1.2
|
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang Al
aalamu(الالام ),’iyadatul maridh (عيادة
المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
|
|
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang Al aalamu(الالام
),’iyadatul maridh (عيادة
المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
|
2.1
|
Melakukan dialog sederhana tentangAl aalamu(الالام
),’iyadatul maridh (عيادة
المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
|
2.2
|
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentangAl aalamu(الالام
),’iyadatul maridh (عيادة
المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
|
|
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang
tentang Al aalamu(الالام ),’iyadatul maridh (عيادة
المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
|
3.1
|
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis
tentang al aalamu(الالام
),’iyadatul maridh (عيادة
المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
|
3.2
|
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang
Al aalamu,’iyadatul maridh, kam saa’ah Al aalamu(الالام
),’iyadatul maridh (عيادة
المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
|
|
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang tentang Al aalamu(الالام ),’iyadatul
maridh (عيادة المريض), kam saa’ah(كم السا عة)kam saa’ah
|
4.1
|
Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
Al aalamu(الالام ),’iyadatul maridh (عيادة
المريض), kam saa’ah(كم السا عة)
|
Tema-tema tersebut menggunakan pola
kalimat yang meliputi,Khobar muqoddam – Mubtada’ khobar dan na’at-’adadul
saa’ah ( wa dan illaالعددالسعة (مبتدا خبر+ نعت--خبر
مقدم
|
Kelas IV, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
5.
Menyimak
Memahami informasi lisan melalui
kegiatan mendengarkan dalam bentuk
paparan atau dialoq tentang Attakallam
(التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل), Muroja’ah
|
5.1
|
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah
dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang Attakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
|
5.2
|
Memukan makna atau gagasan dari wacana
lisan sederhana tentang Attakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
|
|
6.
Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan
dalam bentuk paparan atau dialoq tentang Attakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
|
6.1
|
Melakukan dialog sederhana tentangAttakallam
(التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
|
6.2
|
Menyampaikan informasi secara lisan
dalam kalimat sederhana tentangAttakallam
(التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
|
|
7.
Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk
paparan atau dialog tentang Attakallam
(التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
|
7.1
|
Melafalkan huruf hijaiyah, kata,
kalimat dan wacana tertulis tentangAttakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
|
7.2
|
Menemukan
makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
Attakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
|
|
8.
Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks
fungsional pendek sederhana
tentang Attakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
|
8.1
|
Menyusun
kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
Attakallam (التكلم), Maada turiidu(ماذاتريد),Maada ta’mal (ماذاتعمل), Maata Ta’mal (متىتعمل)
|
Tema-tema tersebut menggunakan pola
kalimat yang meliputi, Anta+fi’il
Mudhori’ , Anti, ana, huwa,hiya, nahnu(انت + فعل مضلرع- انت – انا- هو- هي-
نحن)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar