Rabu, 27 Maret 2013

logo RA MUSLIMAT PONOROGO


Foto MI Ma'arif Patihan Wetan


FILM PENDEK Anak Madrasah TERGORESNYA KASIH SAYANG



FILM PENDEK
“TERGORESNYA KASIH SAYANG”

Ada sebuah keluarga kecil yang beranggotakan ayah, ibu dan kedua anaknya  hidup di sebuah desa tidak jauh dari kota. Mereka hidup serba kekurangan, setiap hari ibunya memeras keringat untuk menafkahi keluarga, tanpa ada keluhan sedikitpun yang keluar dari mulutnya. Dengan penghasilan yang pas-pasan terus dia jalani setiap hari. Itulah mungkin kehendak yang Kuasa, mereka ditakdirkan hidup serba kekurangan sekalipun mereka telah berusaha sekuat tenaga. Latar belakang pendidikan mereka sangat rendah bahkan tidak tamat SD karena mereka keturunan orang yang lemah alias miskin harta. Namun tentang ibadah dan cita-cita mereka perlu kita acungi jempol, sekalipun mereka hidup demikian adanya.  Ibunya terpaksa melakukan hal itu karena ayahnya sudah kurang lebih satu tahun menderita sakit ganas  yang akhirnya meninggal dunia.
            40 hari setelah meninggal ayahnya keluarga tersebut selalu dilanda kemiskinan, anaknya yang sulung selalu membantu ibunya mencari nafkah keluarga. Dia sangat sayang kepada ibu dan adiknya, dengan senang hati selalu  meluangkan waktu untuk meringankan beban orang tuanya, mengasuh adiknya dengan penuh kasih sayang.
            Suatu hari si sulung dengan nama “SHODIK” menjual gorengan dagangan ibunya di sekitar alun-alun yang biasa ramai dikunjungi orang. Sesekali dagangannya laris manis , akan tetapi tidak jarang pulang dengan membawa uang yang tidak kembali modal karena sepinya pembeli, padahal malam itu harusnya dia belajar mempersiapkan diri untuk menghadapi ulangan IPA besuk pagi. Dengan sangat terpaksa si Shodik tidak belajar karena pulang dari berjualan kondisinya sudah ngantuk, demikian juga di pagi harinya dia harus bangun pagi-pagi membantu ibunya untuk menyiapkan dagangannya sambil mengasuh adiknya yang belum genap berusia 1 tahun. Hal itu dia jalani dengan senang hati tanpa mengeluh sedikitpun, mungkin dia telah menyadari akan keadaan keluarganya dan memang dia sudah terlatih sejak ayahnya masih dalam keadaan sakit. Dia sudah terbiasa membantu ibunya mencari nafkah.
            Pagi itu sebelum berangkat sekolah Shodik selain mengasuh adiknya dia juga membantu ibunya mengupas ketela, pisang dan semua barang dagangannya (gorengan). Setelah semuanya beres baru dia berkemas-kemas untuk berangkat sekolah. Dia selalu sarapan pagi dengan lauk seadanya karena itulah nasehat ibunya untuk menjaga kondisinya agar tetap sehat dan vit. Sekalipun hidup serba kekurangan, ibu dari kedua anak tersebut selalu memperhatikan terhadap kesehatan kedua anaknya. Boleh dikata dia adalah sosok seorang ibu yang penuh tanggungjawab dan menyayangi keluarga. Sekalipun dia hidup serba kekurangan namun dia tetap bercita-cita dan berusaha keras untuk dapat menyekolahkan anaknya sampai Perguruan Tinggi dengan harapan kelak anaknya menjadi anak yang sholeh berguna bagi agama nusa dan bangsa, dan kelak mampu mengangkat tinggi derajad orang tuanya serta dapat memperbaiki taraf hidup keluarga. Karena dia percaya bahwa Allah tidak akan membebani suatu kaum , kecuali sesuai dengan kemampuannya dan sebagai hamba Allah yang beriman dan bertaqwa dia selalu mencamkan itu dalam hatinya yang diimbangi dengan berikhtiar dan bertawakkal.
            Pagi itu si Shodik  berangkat sekolah dengan sepeda tua peninggalan ayahnya yang dulu dipakai bekerja ketika ayahnya masih hidup. Tanpa ada rasa malu sedikitpun dia menikmati sepedanya. Sudah menjadi kebiasaan anak nakal yang ada di madrasah tersebut, mereka (Bos Bondan dan antek-anteknya si Bagas dan si Dul) selalu mengejeknya tanpa ada rasa kasihan sedikitpun terhadap Sodik. Ketiga anak tersebut bersiap-siap mengejek si Sodik yaitu merencanakan melarang Sodik meletakkan sepeda tuanya di dekat sepeda temannya yang lain. Sebagaimana biasa anak-anak datang di sekolah dengan bersepeda bersama dan berjabatan tangan dengan gurunya di pintu gapura madrasah. Saat itu Sodik pun demikian, ketiga anak nakal yang merencanakan rencana busuknya siap beraksi setelah melihat si Sodik bersepeda masuk gapura madrasah. Sodik dengan ayunan santai langsung menuju tempat parkir sepeda dan meletakkan di dekat sepeda temannya yang lain, namun tanpa diketahui oleh Sodik sebelumnya, ketiga anak tersebut mendekati Sodik dengan  nada keras melarang Sodik menaruh sepedanya di dekat sepeda yang lain, mereka menggolingkan sepeda Sodik dengan keras, untung nasib Sodik sepedanya tidak rusak dan masih bisa dinaiki. Tanpa menjawab sepatah katapun Sodik memindahkan sepedanya jauh dari sepeda temannya yang lain alias di dekat tempat pembuangan sampah. Itulah nasib Sodik yang malang, tapi dia selalu sabar dan tabah dalam menghadapinya dan tak pernah memiliki rasa dendam sedikitpun terhadap teman-temannya yang biasa mengejeknya.
            Tidak selesai di situ teman-teman Sodik dalam mengejeknya, ketika sampai di kelaspun dia dijegal oleh teman perempuannya yang bertabia’at kurang baik juga. Akhirnya si Sodik jatuh tersungkur di lantai, namun Sodik masih tetap bernasib mujur karena tidak terjadi luka sedikitpun sehingga dia bisa mengikuti pelajaran dengan baik.
            Ketika ibu guru masuk ruang kelas murid-murid menjawab salam dengan  kompak posisi berdiri sebagai tanda rasa hormat terhadap guru. Guru menanyakan sesuatu terhadap murid “ada apa anak-anak kok ibu dengar dari luar agak gaduh?” anak perempuan yang menjegal tadi menjawab bahwa si Sodik jatuh dengan ejekan dia belum sarapan karena memang orang miskin tidak punya sarapan. Padahal dalam kondisi bagaimanapun Ibu Sodik selalu memperhatikan kesehatan anak-anaknya, tidak seperti yang diduga oleh kebanyakan orang. Akan tetapi si Sodik tidak menceritakan keadaan yang sebenarnya terhadap Ibu Guru tersebut.
            Pagi itu sebagaimana yang dijanjikan oleh guru bahwa jam pertama ulangan harian IPA Bab II,  Sodik tetap mengikutinya dengan sungguh-sungguh,  pada akhirnya Sodik mendapat nilai terbaik dan dia berhak mendapat hadiah dari guru. Akan tetapi sayang sekali ketika jam istirahat dan pada saat anak-anak jajan di kantin , ibu guru di kantor mengoreksi hasil ulangan Sodik  tidak ikut keluar kelas karena ketika pelajaran berlangsung tadi si Sodik melihat uang 50 ribuan di kotak pensil si Bondan sehingga terbenak di dalam hatinya untuk mengambil uang tersebut dan dibelikan mainan untuk adiknya. Itu adalah wujud rasa kasih sayangnya terhadap adiknya yang memang tidak pernah dibelikan mainan oleh ibunya, bukan berarti ibunya pelit atau tidak sayang pada anak-anaknya tapi hal itu dilakukan karena kondisi keluarga yang pas-pasan. Saat itu Sodik lupa akan nasehat orang tuanya yang selalu mengatakan agar menjadi anak yang jujur, karena tertutup oleh rasa sayang terhadap adik satu-satunya. Ternyata apa yang dilakukan si Sodik diketahui oleh pemilik uang yang diambilnya yaitu si Bondan. Pada saat Sodik mengambil uang tersebut ibu si Sodik berjualan gorengan di jalanan dengan menggendong anak bungsunya. Ketiga anak nakal tersebut (Bondan, Sidul, dan Bagas) merencanakan untuk melaporkan Sodik kepada Kepala Madrasah esuk harinya.
            Benar, esuk harinya Sodik diseret oleh ketiga anak nakal tersebut ke ruang kepala dan melaporkan perilaku Sodik kepada Kepala Madrasah dan akhirnya Kepala Madrasah menyampaikan hal tersebut kepada dewan guru dan sepakat memanggil Ibu Sodik untuk menyelesaikan permasalahannya dan juga sepakat akan mengganti uang Bondan dengan uang kas madrash karena mengetahui kondisi keluarga Ibu Sodik yang tidak mungkin untuk mengganti uang Bondan yang telah diambil Sodik untuk beli mainan adiknya.
            Pagi itu Ibu Sodik mendapat surat panggilan dari Kepala Madrasah, Ibu Sodik pun memenuhi panggilan tersebut. Setelah sampai di Madrasah `Kepala Madrasah menyampaikan permasalahan Sodik kepada orang tuanya di ruang kepala yang pada akhirnya orang tua Sodik minta maaf  kepada Kepala Madrasah dan mendo’akan kebaikan untuk Madrasah tersebut.
            Itulah makna dari tergoresnya kasih sayang oleh perilaku kurang baik yang dilakukan karena keterpasaan, karena rasa sayangnya pada adik satu-satunya dan pada akhirnya Sodik pun menyesali dan berjanji tidak akan mengulangi perilaku buruk tersebut.

Ide Cerita       : Ihwanul Fatah, S.Ag
Penulis Cerita             : Siti Siyami, S.Ag
                                                                           Ponorogo, 17 Desember 2012
                                                                            Mengetahui Kepala MI Ma’arif Patihan Wetan


                                                                            Drs. SADIKIN

Senin, 25 Maret 2013

RPP BAHASA INDONESIA KLS IV

RPP BAHASA INDONESIA ANAK DESA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                        MATA PELAJARAN                           :   BAHASA INDONESIA 
                        TEMA                                                  :   PERISTIWA
                        KELAS/SEMESTER                          :   IV/I
                        WAKTU                                               :   4  JAM (  2  x PERTEMUAN )

I. STANDAR KOMPETENSI             :
1.   Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps.

II. KOMPETENSI DASAR                             :
      1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar.

III.  INDIKATOR                                              :
1.    Membuat arah mata angin.
2.    Membuat letak suatu tempat
3.    Membuat denah sesuai petunjuk.

IV.  TUJUAN PEMBELAJARAN                   :
Ø  Siswa dapat mencatat hal pokok/inti yang berkaitan dengan penjelasan yang didengar.
Ø    Siswa dapat membuat gambar/denah berdasarkan inti/hal pokok dengan benar.
Ø    Siswa dapat menjelaskan kembali gambar/denah dengan benar.

V.  MATERI                                                    :
v    Arah Mata Angin
v    Gambar/denah


VI.   METODE PEMBELAJARAN                 :
            Ceramah, tanya jawab,dan diskusi

VII.  KEGIATAN PEMBELAJARAN              :

       Pertemuan Pertama


No.

Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
Pendidikan Kewirausahaan
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·       Siswa berdoa bersama, mengucapkan salam, dan absensi.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
·       Mengajukan pertanyaan tentang petunjuk denah yang pernah didengar.

K

K



K

K

3 menit

2 menit



2 menit

3 menit

·   Religius
·   Disiplin
·   Kreatif
·   Komunikatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu


·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Kepemimpinan
2.
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ    Eksplorasi
·   Semua siswa mendengarkan penjelasan tentang petunjuk membuat Mata Angin/gambar.
·   Guru memberikan contoh membuat Mata Angin /gambar sesuai dengan penjelasannya.
·   Siswa mengamati dan merespons penjelasan guru.


Þ    Elaborasi
·   Siswa  mendengarkan penjelasan gambar Mata Angin/denah.
·   Siswa  mencatat isi petunjuk sesuai dengan penjelasan yang didengar.
·   Siswa  membuat gambar Mata Angin / Mata Angin berdasarkan penjelasan yang didengar.
·   Siswa secara individu mengerjakan tugas.
Þ    Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang materi yang belum diketahui siswa.
·   Pembahasan lembar tugas.
·   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
·   Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K


K


K




K

I

I


I


K

K
K


K


5 menit


3 menit


2 menit




5 menit

6 menit

5 menit


7 menit


5 menit

5 menit
4 menit


3 menit


·   Jujur
·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu
·   Komunikatif




·   Jujur
·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu
·   Komunikatif
·   Gemar membaca
·   Tanggung jawab

·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu
·   Komunikatif
·   Tanggung jawab



·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan






·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan
·   Berani mengambil risiko

·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan
·   Berani mengambil risiko
3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang dipelajari.
·       Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

K

K

K

4 menit

4 menit

2 menit

·   Jujur
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Komunikatif
·   Rasa ingin tahu
·   Tanggung jawab
·   Religius

·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan
·   Berani mengambil risiko
·   Kepemimpinan


VIII. SUMBER/BAHAN BELAJAR
Ø  Buku Bahasa Indonesia SD kelas IV
Ø  Elektronik (televisi, radio, dan internet)
Ø  Narasumber (guru)




Ponorogo, .......................................
Mengetahui
Kepala MI Ma’arif Patihan Wetan



Drs. SADIKIN
Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



IKHWANUL FATAH, S.Ag







































        Pertemuan Kedua


No.

Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
Pendidikan Kewirausahaan
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·       Siswa berdoa bersama, mengucapkan salam, dan absensi.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

K

K



K

3 menit

2 menit



5 menit

·   Religius
·   Disiplin
·   Kreatif
·   Komunikatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu

·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Kepemimpinan
2.
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ    Eksplorasi
·   Semua siswa mendengarkan penjelasan tentang petunjuk membuat denah/gambar.
·   Guru memberikan contoh membuat Denah /gambar sesuai dengan penjelasannya.
·   Siswa mengamati dan merespons penjelasan guru.
Þ    Elaborasi
·   Siswa  mendengarkan penjelasan gambar/denah.
·   Siswa  mencatat isi petunjuk sesuai dengan penjelasan yang didengar.
·   Siswa  membuat gambar/Denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
·   Siswa secara individu mengerjakan tugas (Uji Potensi Siswa aspek mendengarkan).
Þ    Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang materi yang belum diketahui siswa.
·   Pembahasan lembar tugas.
·   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
·   Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K


K


K


K
I

I


I




K

K
K


K


5 menit


3 menit


2 menit


5 menit
6 menit

5 menit


7 menit




5 menit

5 menit
4 menit


3 menit


·   Jujur
·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu
·   Komunikatif


·   Jujur
·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu
·   Komunikatif
·   Gemar membaca
·   Tanggung jawab

·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu
·   Komunikatif
·   Tanggung jawab



·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan




·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan
·   Berani mengambil risiko



·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan
·   Berani mengambil risiko
3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang dipelajari.
·       Tindak lanjut (pemberian tugas rumah).
·       Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

K

I

K

K

4 menit

2 menit

2 menit

2 menit

·   Jujur
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Komunikatif
·   Rasa ingin tahu
·   Tanggung jawab
·   Religius

·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan
·   Berani mengambil risiko
·   Kepemimpinan


VIII. SUMBER/ALAT/MEDIA             :
1.     Gambar Mata Angin
2.     Buku Bahasa Indonesia 4 SD/MI Kaswan darmadi dan Rita Nirbaya
3.     Lingkungan perjalanan
4.     Laptod /LCD

     






I.    PENILAIAN
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Membuat gambar /mata angin/ denah

Tertulis dan penam-pilan
Uraian dan Lembar observasi
·  Buatlah dan mata angin denah  berdasarkan penjelasan yang didengar!
·  Jelaskan secara lisan mengenai denah dan mata angin  yang dibuat!


§  Gambar denah buatan sendiri    
Aspek Penilaian
Hasil / Nilai
Keterangan
1.  Kesesuaian gambar
     dengan petunjuk
     yang dibacakan.
2.  Tanda penunjuk arah mata angin dan
     ke sebuah lokasi Bu-
     mi Perkemahan



§  Penampilan
Penampilan siswa saat menjelaskan petunjuk denah di depan kelas.
Aspek Penilaian
Hasil / Nilai
Keterangan
1.  Kejelasan ucapan
2.  Kewajaran intonasi
3.  Keberanian


                                    :
      PERTEMUAN I
      Tes tertulis :
       1.  Ke arah mana rumahmu dengan sekolahanmu?
       2.  Apa saja yang perlu di perhatikan dalam membaca denah?
3. Anak panah dalam denah menandakan apa?

PERTEMUAN II
       Tes proyek
Dengan bimbingan guru siswa dibentuk kelompok. Buatlah gambar garis lurus dan membelok rute perjalanan dari rumah siswa menuju sekolah! Berilah tanda khusus nama bangunan penting di samping garis!


Pedoman Penilaian
1.    Penilaian Produk

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

2.    Penilaian  Performen/Aspek


No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1






Ponorogo, .......................................
Mengetahui
Kepala MI Ma’arif Patihan Wetan



Drs. SADIKIN
Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



IKHWANUL FATAH, S.Ag

































LEMBAR PENILAIAN KELAS IV A

No
Nama
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1
Adib Rhoshintama






2
Alecia Nur Pinki Anggraini






3
Amelia Kartika






4
Bana Khusnayaini






5
Fahim Akmal Musyafa'






6
Husna Lailatul Ni'mah






7
Indah Siti Mudayanah A.






8
Muhamad Ihsan Royanudin






9
Muh. Dzikri Adlifulloh






10
Muhammad Farhan Insani






11
Muhammad Iqbal Nugroho






12
Muh. Randy Harvian E.






13
Mustami'in






14
Nadia El Safira






15
Nur Triana Apriliani






16
Puspita Ratri Yuwana Sari






17
Rasyid Yudha Pratama






18
Resa Budi Prasetyo






19
Reza Putra Wahyu Pratama






20
Rifqi Muzakki Ahmad






21
Salsabila Putri Agustin






22
Shofia Nur Islamiati






23
Silvi Fitria Rahmawati






24
Yustina Dyah Qurrota A'yun



































LEMBAR PENILAIAN KELAS IV B



No
Nama
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1
Adelia Yasmin






2
Ahmad Ardiansyah Wijanto






3
Amanda Edward Ayyomi






4
Arifana Khoirul Huda






5
Fifi Rahmawati






6
Galuh Ayu Sekar Sari






7
Ilham Muhammad Jiansyah






8
Muhammad Asydarul Hilmi






9
Muh. Lauhul Mahfuudh






10
Muhammad Ludfi Hakim






11
Nur Rohman Dwi Saputro






12
Pamungkas Wahyu Saputro






13
Rendy Mahendra






14
Rizka Putri Nurhaliza






15
Salsabila Yulieta Puja K.






16
Wahyu Agung Saputro






17
Yoga Afifur Rohman






18
Yulia Eka Wahyu Saputri






19
Zaki Mubarok






20
Zendhy Deo Yudiansyah P.






21
Ar-Isad Marendi Setiawan


































RINGKASAN MATERI

U
 



                                                              B                       T




S

Gambar ini disebut mata angin, yaitu petunjuk arah yang terdapat dalam peta,atlas, atau denah. Pada mata angin ini terdapat huruf U yang terletak di atas, Sterletak di bawah, huruf B di samping kiri,dan huruf T di samping kanan. 
Masing-masing huruf itu melambangkan arah. U berarti arah utara. Arah utara pada peta terletak di atas. Jadi, jika ada peta atau denah dengan huruf U di atas, kalian dapat menemukan arah utara. Huruf S menunjukkan arah selatan. Arah selatan pada peta terletak di bawah. Jika ada peta atau denah dengan huruf S di bawah, kalian dapat menemukan arah selatan. Huruf B menunjukkan arah barat. Arah barat pada peta terletak di sebelah kiri. Jika ada peta atau denah dengan huruf B di sebelah kiri, kalian dapat menemukan arah barat. Sedangkan huruf T menunjukkan arah timur. Arah timur pada peta terletak di sebelah kanan. Jadi, jika kalian menemukan peta atau denah, maka sebelah kanan kalian adalah arah timur.
Dalam menggunakan mata angin kita dapat melihat dan mendengarkan tentang keterangan gambar di bawah ini :






























LEMBAR KERJA SISWA
PERTEMUAN I

                        MATA PELAJARAN               :  BAHASA INDONESIA
                        KELAS/SEMESTER              :  IV/I
                        WAKTU                                   :  ………………………….


Petunjuk :
Amatilah gambar denah dan catat hal-hal penting yang ada dalam denah tersebut dengan membubuhkan nomor dan nama!



                                                             Jl. Bali
 




                                                                       
                                               
                                                SMA


                                                SMP


                                                  SD
   
 


                                                                                                    LOKASI
                                        Sambisari
 


                                                            Sukodono



  1. ……………………………..
  2. ……………………………..
  3. ……………………………..
  4. ……………………………..
  5. ……………………………..

























LEMBAR KERJA SISWA
PERTEMUAN II

                        MATA PELAJARAN               :  BAHASA INDONESIA
                        KELAS/SEMESTER              :  IV/I
                        WAKTU                                   : 


Petunjuk :
Gambarlah denah jalan menuju lokasi sekolah lengkap dengan keterangannya!
























































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                        MATA PELAJARAN                           :   BAHASA INDONESIA
                        TEMA                                                  :   PERISTIWA
                        KELAS/SEMESTER                          :   IV/I
                        WAKTU                                               :   4  JAM ( 2 x  PERTEMUAN)

I.  STANDAR KOMPETENSI                        :
2.   Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat.

II.   KOMPETENSI DASAR                           :
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut.

III.  INDIKATOR                                              :
1.     Menjelaskan denah atau gambar suatu tempat.
2.     menjelaskan tempat sesuai gambar dengan kalimat yang runtut.

IV.  TUJUAN PEMBERLAJARAN                 :
Ø  Siswa dapat menemukan nama tempat sesuai dengan gambar atau denah.
Ø  Siswa dapat mendeskripsikan tempat sesuai gambar dengan kalimat yang runtut.

V.   MATERI                                                    :
v  Deskripsi gambar/tempat.

VI.   METODE PEMBELAJARAN                 :
            Ceramah, tanya jawab, dan diskusi


VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN                :

Pertemuan Pertama


No.

Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
Pendidikan Kewirausahaan
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·       Siswa berdoa bersama, mengucapkan salam, dan absensi.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
·       Mengajukan pertanyaan tentang petunjuk denah yang pernah didengar.

K

K



K

K

3 menit

2 menit



2 menit

3 menit

·   Religius
·   Disiplin
·   Kreatif
·   Komunikatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu


·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Kepemimpinan
2.
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ    Eksplorasi
·   Semua siswa mendengarkan penjelasan tentang petunjuk membuat denah/gambar.
·   Guru memberikan membentuk kelompok sesuai dengan penjelasannya.
·   Siswa mengamati dan merespons penjelasan guru.

Þ    Elaborasi
·   Siswa  mendengarkan penjelasan gambar/denah.
·   Siswa  mengamati gambar denah isi petunjuk sesuai dengan penjelasan yang didengar.
·   Siswa  menjelaskan denah berdasarkan pengamatan
·   Siswa secara individu mengerjakan tugas.
Þ    Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang materi yang belum diketahui siswa.
·   Pembahasan lembar tugas.
·   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
·   Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K


K


K



K

I

I


I


K

K
K


K


5 menit


3 menit


2 menit



5 menit

6 menit

5 menit


7 menit


5 menit

5 menit
4 menit


3 menit


·   Jujur
·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu
·   Komunikatif



·   Jujur
·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu
·   Komunikatif
·   Gemar membaca
·   Tanggung jawab

·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu
·   Komunikatif
·   Tanggung jawab



·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan





·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan
·   Berani mengambil risiko

·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan
·   Berani mengambil risiko
3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang dipelajari.
·       Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

K

K

K

4 menit

4 menit

2 menit

·   Jujur
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Komunikatif
·   Rasa ingin tahu
·   Tanggung jawab
·   Religius

·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan
·   Berani mengambil risiko
·   Kepemimpinan

VIII.   SUMBER/BAHAN BELAJAR
·         Buku Bahasa Indonesia SD kelas IV
·         Elektronik (televisi, radio, dan internet)
·         Narasumber (guru)



Ponorogo, .......................................
Mengetahui
Kepala MI Ma’arif Patihan Wetan



Drs. SADIKIN
Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



IKHWANUL FATAH, S.Ag











































Pertemuan Kedua


No.

Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
Pendidikan Kewirausahaan
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·       Siswa berdoa bersama, mengucapkan salam, dan absensi.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

K

K



K

3 menit

2 menit



5 menit

·   Religius
·   Disiplin
·   Kreatif
·   Komunikatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu

·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Kepemimpinan
2.
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ    Eksplorasi
·   Semua siswa mendengarkan penjelasan tentang petunjuk membuat denah/gambar.
·   Guru memberikan contoh letak suatu tempat pada denah/gambar sesuai dengan penjelasannya.
·   Siswa mengamati dan merespons penjelasan guru.
Þ    Elaborasi
·   Siswa  mendengarkan penjelasan gambar/denah.
·   Siswa  mencatat isi petunjuk sesuai dengan penjelasan yang didengar.
·   Siswa  menjelaskan letak sustu tempat pada denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
·   Siswa secara individu mengerjakan tugas (Uji Potensi Siswa aspek mendengarkan).
Þ    Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang materi yang belum diketahui siswa.
·   Pembahasan lembar tugas.
·   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
·   Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K


K


K


K
I

I


I



K

K
K


K


5 menit


3 menit


2 menit


5 menit
6 menit

5 menit


7 menit



5 menit

5 menit
4 menit


3 menit


·   Jujur
·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu
·   Komunikatif


·   Jujur
·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu
·   Komunikatif
·   Gemar membaca
·   Tanggung jawab

·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu
·   Komunikatif
·   Tanggung jawab



·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan




·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan
·   Berani mengambil risiko



·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan
·   Berani mengambil risiko
3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang dipelajari.
·       Tindak lanjut (pemberian tugas rumah).
·       Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

K

I

K

K

4 menit

2 menit

2 menit

2 menit

·   Jujur
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Mandiri
·   Komunikatif
·   Rasa ingin tahu
·   Tanggung jawab
·   Religius

·   Mandiri
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Berorientasi pada tindakan
·   Berani mengambil risiko
·   Kepemimpinan


VIII.      SUMBER/ALAT/MEDIA                     :

1.    Buku Bahasa Indonesia 4 SD/MI Kaswan darmadi dan Rita Nirbaya
2.    Denah undangan.
3.    Laptod /LCD

IX.          PENILAIAN
                                    :
      PERTEMUAN I
      Tes Kinerja:
      Amatilah gambar dan menjawab pertanyaan berikut ini!
1.    Disebelah mana jalan raya sekolahmu?
2.    Kearah mana jalan masuk ke sekolahmu dari jalan raya?

PETEMUAN II
Tes tertulis
1.    Jika kamu sekarang ada di Jl. Bali, ke arah mana kamu berjalan agar sampai di SD Negeri Jemundo II?
2.    Ada di sebelah kiri apa kenen jalan raya lokasi SD Negeri Jemundo II jika kamu dari arah di Jl. Bali?
3.    Sebutkan secara urut sekolah-sekolah negeri yang ada di desa Jemundo dari arah Jl. Bali!


Pedoman Penilaian
1.    Penilaian Produk

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

2.    Penilaian  Performen/Aspek


No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1





Ponorogo, .......................................
Mengetahui
Kepala MI Ma’arif Patihan Wetan



Drs. SADIKIN
Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



IKHWANUL FATAH, S.Ag


LEMBAR PENILAIAN KELAS IV A

No
Nama
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1
Adib Rhoshintama






2
Alecia Nur Pinki Anggraini






3
Amelia Kartika






4
Bana Khusnayaini






5
Fahim Akmal Musyafa'






6
Husna Lailatul Ni'mah






7
Indah Siti Mudayanah A.






8
Muhamad Ihsan Royanudin






9
Muh. Dzikri Adlifulloh






10
Muhammad Farhan Insani






11
Muhammad Iqbal Nugroho






12
Muh. Randy Harvian E.






13
Mustami'in






14
Nadia El Safira






15
Nur Triana Apriliani






16
Puspita Ratri Yuwana Sari






17
Rasyid Yudha Pratama






18
Resa Budi Prasetyo






19
Reza Putra Wahyu Pratama






20
Rifqi Muzakki Ahmad






21
Salsabila Putri Agustin






22
Shofia Nur Islamiati






23
Silvi Fitria Rahmawati






24
Yustina Dyah Qurrota A'yun



































LEMBAR PENILAIAN KELAS IV B



No
Nama
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1
Adelia Yasmin






2
Ahmad Ardiansyah Wijanto






3
Amanda Edward Ayyomi






4
Arifana Khoirul Huda






5
Fifi Rahmawati






6
Galuh Ayu Sekar Sari






7
Ilham Muhammad Jiansyah






8
Muhammad Asydarul Hilmi






9
Muh. Lauhul Mahfuudh






10
Muhammad Ludfi Hakim






11
Nur Rohman Dwi Saputro






12
Pamungkas Wahyu Saputro






13
Rendy Mahendra






14
Rizka Putri Nurhaliza






15
Salsabila Yulieta Puja K.






16
Wahyu Agung Saputro






17
Yoga Afifur Rohman






18
Yulia Eka Wahyu Saputri






19
Zaki Mubarok






20
Zendhy Deo Yudiansyah P.






21
Ar-Isad Marendi Setiawan



































RINGKASAN MATERI


Dalam mengomentari sesuatu yang aktual ,
Bila Nadira ingin menuju ke Masjid , Maka Nadira menuju ke arah mana saja dan jalan apa serta tempat-tempat mana saja yang dilalui Nadira , dalam menjawab ini coba kita lihat Denah di bawah ini !




















































LEMBAR KERJA SISWA
PERTEMUAN II

                        MATA PELAJARAN               :  BAHASA INDONESIA
                        KELAS/SEMESTER              :  IV/I
                        WAKTU                                 : 




                                                             Kletek
 




                                                                       
                                               
                                                SMA


                                                SMP


                                                  SD
   
 


                                                                                                    LOKASI
                                        Jl. Sumatra
 


                                                            Jl. Sukomoro



Petunjuk  :

Jelaskan dari arah Jl. Bali, Jl Sumatra, maupun Jl. Sukomoro untuk menuju lokasi!